12.31.2016

Event Report : Bali Beauty Blogger First Gathering 2016

Gak kerasa udah sampe di penghujung tahun 2016 ya. Udah banyak hal yang terjadi setahun kebelakang ini, ada yang menyedihkan dan menyenangkan juga. Semoga hal-hal baik untuk tahun 2017. Amiin.


Tanggal 23 Desember 2016 kemarin, Bali Beauty Blogger mengadakan first gathering. Acara ini berawal dari saran Dewa Ayu Inda, salah satu anggota komunitas, ingin mengadakan kumpul bareng dan dinner di akhir tahun. Karena selama ini kan kami kenalnya lewat blog, sosmed, chatting, dan kadang ketemu klo lagi ada event. Biar bisa kumpul semua, saling kenal, dan lebih terkelola komunitas ini kedepannya mau seperti apa. Dari ide tersebut ternyata semua anggota sangat antusias, mulailah para panitia menyusun acara, mencari sponsor, dan akhirnya terlaksanalah event pertama kami. Gak disangka alhamdulillah pecaaah dan seru deh acaranya, dengan bertabur hadiah dari para Sponsor. Seperti apa sih acaranya? Yuk baca lebih lanjut.



Sekilas mengenai komunitas ini, Bali Beauty Blogger adalah kumpulan blogger yang berdomisili di Bali, dan isi blognya 80% adalah tentang Beauty. Awalnya komunitas hanya terdiri dari 8 orang kurang lebih, tapi makin lama makin bertambah anggotanya hingga saat ini mencapai 25 orang dan makin berkembang. Ternyata kalo dikumpulkan begini banyak juga yaa. Dan sekarang juga kita sudah punya Instagram loh @BaliBeautyBlogger dan juga Facebook Group Bali Beauty Blogger. Di follow yaa, karena info-info update tentang dunia kecantikan banyak kita share disana.

Lanjut ke Event Gathering, acara di mulai stengah 7 di Goemerot Restaurant Renon, dan berhubung acaranya hari Jum'at jadi saya datang agak telat, langsung dari kantor, maaf ya. Sudah rame disana dan ya ampun dekorasinya cantik banget ^o^. Thanks to Youween as the owner of Cloris Decoration dan The Cloris Flower untuk dekorasinya, jadi terlihat stunning deh event kami.

Youween memperkenalkan diri

Dekorasi yang cantik ❤❤

Super adorable
Pict Credit Jessica Liani

Saat itu acara sudah dimulai dan para anggota memperkenalkan diri satu persatu. Setelah perkenalan diri. Lanjut ke acara sharing dari beberapa anggota. Yang pertama adalah Ita Chen, seorang blogger yang 3 tahun fokus di Fashion Blogger, dan 1 tahun terakhir merambah ke Beauty Blogger. Ita saat ini menjadi salah satu Clozette Indonesia Ambassador dan content writer untuk Whatwelike. Ita sharing mengenai Bagaimana Menjadi Seorang Content Writer. Ada 5 hal penting yang menjadi garis besar Ita :

Ita Chen mengisi sharing pertama

1. Sense Of Writer

Sebagai penulis dalam menyampaikan isi pemikiran menjadi sebuah tulisan haruslah komunikatif sehingga mudah dipahami. Bahasa yang digunakan sebaiknya bahasa yang tidak terlalu formal, maupun terlalu kasual. Dipertengahan, jadi nyaman dibaca, eyecathing. Hindari menggunakan bahasa Slank, alay, ataupun singkatan-singkatan yang tidak penting
2. Originalitas
Seperti menyusun sebuah skripsi, jangan copy paste 100% ataupun mencontek, sesuaikan dengan gaya menulis kita, klo bisa jadilah unik, beda dari yang lain, sehingga mudah dikenali. Kalau mengutip tulisan atau mengambil foto dari sumber lain, sertakan sumbernya.
3. Bedakan Emosi Pribadi dan Pekerjaan
Saat menulis orang pasti lebih suka menyampaikan hal yang dia sukai, tapi gak semua yang kita sukai akan disukai juga oleh orang lain. Sebagai content writer harus jeli dengan hal-hal yang sedang menjadi Trend, walaupun bukan hal yang dia sukai, tapi disitu adalah kesempatan untuk mendatangkan pembaca lebih banyak.
4. Time Management dan Self Control yang Baik
Mengatur waktu sangat diperlukan agar bisa posting content sesuai waktu yang telah ditentukan. Contohnya Senin mencari ide content, Selasa mempersiapkan foto yang sesuai, Rabu membuat draft, dan Kamis contest siap di post. Juga mengatur waktu terbaik untuk posting sebuah content, prime time-nya adalah pukul 5-9 malam. Kadang adakalanya kita merasa jenuh atau tidak mood, self control yang baik akan membuat kita tetap sesuai rencana sehingga tidak keteteran dengan jadwal posting.
5. Sesuai dengan Passion
Buatlah content sesuai bidang yang dikuasai/digemari, supaya informasi yang disampaikan tidak salah dan ada jiwa di dalamnya. 

Yang kedua ada Jessica Ie yang berbagi ilmu mengenai Cara Monetize di Instagram dan Blog. Jessica ini sudah memiliki banyak followers di Instagram, sering menerima endorsement atau post berbayar. Berikut 5 hal yang di-share oleh Jessica :

Jessica Ie Sharing mengenai Monetized IG dan Blog

1. Akun Bisnis
Bila memang mau diseriuskan menjadi Bisnis, Instagram memilki salah satu fitur yang bisa kita pilih untuk merubah akun kita menjadi akun Bisnis. Dengan merubah Instagram kita menjadi akun bisnis kita bisa tau traffic, analytic, maupun demografi dari akun kita. Sehingga bisa menjadi acuan untuk memilih content yang dapat menjaga atau menaikkan traffic Instagram kita. Selain itu, hal itu juga bisa menjadi acuan kita untuk menentukan rate postingan berbayar kita ke pihak perusahaan yang ingin bekerja sama. 
2. Kolaborasi
Melakukan kolaborasi dengan blogger lainnya bisa menjadi cara untuk promosi gratis satu sama lain. Bisa saling bertukar backlink yang akan bisa menaikkan traffic atau jumlah pembaca blog kita. Contoh kolaborasi makeup look.
3. Top Level Domain
Membeli domain pribadi terutama Top Level Domain seperti .com, .co.id, .net, .org dll bukan menggunakan domain gratis akan menunjukkan sisi professionalitas kita. Setelah menggunakan domain pribadi harus selalu dipantau dan ditingkatkan Alexa Rank, DA PA, Google Analytic, dll.
4. Menjaga dari Jiggling
Merupakan akun robot yang dapat meningkatkan pageviews secara tidak wajar, dan sudah banyak para blogger yang menggunakannya. Tapi ini adalah hal yang ilegal, dan bisa dianggap spam oleh google. Bisa jadi malah blog kita yang di tutup nantinya. Cara menghindari Jiggling ada banyak koq tinggal googling dan dipraktekkan aja.
5. Cantumkan link Blog di Instagram.
Link Blog kita bisa ditambahkan di Profile Instagram. Ini bisa meningkatkan kunjungan orang ke Blog kita. Makin rajin kita ganti link dan update di Instagram tiap ada posting baru, akan meningkatkan traffic Blog kita

Dan share yang terakhir adalah dari Hatta Shani. Anne adalah Beauty Blogger Bali pertama dan terlama yang saya kenal. Dan masih konsisten menulis hingga sekarang, bahkan merambah ke Youtube. Beauty Vloggernya sudah ditonton banyak orang dan bahkan sudah menghasilkan lho dari situ. Disini Anne mau share Tips Menjadi Youtuber dan Menghasilkan dari Sana

Sharing ke 3 oleh Anne (Hatta Shani)

1. Kamera
Punya kamera yang baik sangat berpengaruh dengan hasil gambar. Makin baik hasil gambar, akan makin meningkatkan minat orang untuk menonton video kita. 
2. Mengusung Produk Lokal
Video untuk produk luar pasti sudah banyak ada di Youtube, dan membuat video kita tenggelam oleh Vlogger luar yang sudah lebih terkenal. Sedangkan produk lokal masih sangat jarang ada di Youtube yang justru menjadi kesempatan untuk meningkatkan viewers di Channel kita.
3. Software Mendukung
Selain gambar yang baik, kemampuan edit dan software untuk editing yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap hasil video kita. Software yang disarankan Adobe Premier, Imovie, dll.
4. VGA yang mendukung
Saat proses editing karena memakan waktu yang tidak sebentar, pastikan menggunakan pendingin/kipas angin untuk perangkat kita, sehingga menjaga laptop tetap awet dan tidak lambat.
5. Konsisten
Usahakan tetap memposting dengan kurun waktu yang tetap. Misal 1 minggu sekali atau 1 minggu 2 kali. Usahakan jangan terlalu lama, agar viewers akan tetap antusias menunggu update video kita
6. Penggunaan Bahasa
Gunakan bahasa yang kita merasa nyaman, baik, sopan, mudah dipahami dan terdengar jelas.
7. Monetized Youtube Channel
Sebenarnya ada banyak perusahaan iklan untuk Youtube, salah satunya bisa menggunakan Google Adsense, atau kalau susah mendaftar kesana bisa mencoba ke Thoughful Indonesia
8. Lagu/Musik
Lagu/Musik tentu membuat video makin menarik. Tapi jangan sampai menggunakan musik yang memiliki copyright karena bisa jadi video kita di banned. Sarannya bisa menggunakan no copyright music, sudah ada banyak di youtube, ataupun googling aja. Tinggal pilih yang sesuai dengan tema video kita
9. Angle Pengambilan Gambar
Angle atau sudut pengambilan gambar yang baik sangat berperan penting, agar viewers lebih jelas dan nyaman saat menonton video kita.
10. Menghadapi Haters
Sebaik apapun karya kita, pasti akan selalu ada yang tidak suka. Selama sarannya membangun digunakan untuk perbaikan, tapi kalo hanya menghina tanpa saran lebih baik tidak usah dipedulikan. Didelete langsung atau report as spam adalah cara terbaik

Wuaaah keren-keren banget sharingnya >o<. Saluut saya dengan anak-anak muda luar biasa seperti mereka, banyak banget ilmu yang di dapat dari Gathering ini. Selain perut terisi, otak saya pun terisi dengan hal positif *prok prok prok*

Candid ^^

Kemudian kami votting untuk Ketua Komunitas Bali Beauty Blogger, dan terpilihlah Dewa Ayu Inda sebagai Ketua, dan dibantu oleh Jessica Liani sebagai wakilnya. Biar kedepannya lebih terarah Komunitas ini. Oh iya untuk Instagram BBB dikelola oleh 2 orang anggota kami juga yaitu Vina Eska dan Hatta Shani. Di Bagian Acara ada Nabila Putri (Bia) dan Ayu Damayanthi. Saya di bagian dokumentasi dibantu temen-temen lainnya juga.

Vina, Vini, n Kaka lagi hitung voting

Ibu ketua lagi pidato ^^

Anaknya diculik dulu hihi
Anne mukanya alus bneer >_<

Acara dilanjutkan dengan tukar-tukaran kado. Kami masing-masing sudah menyiapkan kado masing-masing, gak mahal maks 50.000. Yang terpenting adalah ada kenang-kenangan dari acara ini. Dan ini kado yang saya dapat. Isinya Maybelline Lipstick, Tender Care, dan ikat rambut dengan bunga cantik (handmade loh). Thanks All ❤❤

Hasil tukar-tukaran kado ^^

Dan akhirnya makanan datang, Spicy Grilled Chicken Wing with Mashed Potato dan Salad yang endeus banget. Pas pedesnya. Lanjut penutupnya Dessert Pannacota dari Sweet Gems, dan Cotton Cheese Cake dari Saycheese Bali *yumm*.

Spicy Grilled Chicken Wings

Coconut Pannacotta dengan saus Chocolate dari Sweet Gems Bali

Cotton Cheese Cake dari Say Cheese Bali
pict Credit Jessica Liani

Di sela-sela acara juga diselipkan aneka Quiz dengan berbagai macam hadiah yang bikin acara bertambah seru. Pulangnya kami pun juga mendapatkan goodie back dari Sensatia Botanica dan Aiglow Lashes. Ya ampuun banyak deh dapetnya, Alhamdulillah.

Ayu Damayanti dan Nabila Putri (Bia) sebagai MC lagi Quiz Time

Terima kasih untuk semua yang membuat acara ini berlangsung dengan luar biasa. Para panitia yang secara sukarela mau menyusun acara yang keren ini. Pihak sponsor yang mendukung acara Bali Beauty Blogger First Gathering 2016 sehingga acara semakin meriah. 


Semua BBB yang hadir hari ini
pict credit Bia

Anti Jaim hahaha
Pict Credit Bia


Happy New Year
Hope 2017 will be great










LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...