11.27.2014

Resep : Mengolah Roti Gandum Menjadi Simple, Easy, And Yummy Sandwich


Saya suka banget sarapan dengan roti gandum. Selain kaya serat, gak terasa berat, bikin kenyang lebih lama, dan juga cepat diolahnya. Roti gandum rasanya memang tidak selembut roti putih biasa, ada butiran gandum utuhnya yang sering bikin seret di leher. Cara favorit saya untuk menyantapnya sih dipanggang dulu dengan dioles margarin tipis (mentega pasti lebih enak), sampai berwarna kecoklatan. Menurut saya roti gandum yang dipanggang bikin rasanya lebih enak dan juga butiran gandumnya gak bikin seret di tenggorokan. Love it.

Gak perlu punya panggangan roti koq, saya juga cuma pake wajan anti lengket ceramic, soulmate baru saya. Kapan-kapan saya share deh tentang si putih yang mencuri hati ini *tsaah*. Trus oles-oles roti panggangnya pake selai favorit atau susu kental manis juga udah endeus banget. Tapi lama-lama bosen juga deh roti bakar plus selai. Jadi saya iseng deh olah si roti gandum ala savory tongue.

Sebelumnya saya pernah share yang dibuat ala Lazy Pizza

Nah sabtu kemaren, karena stock roti gandum masih sebungkus, sedangkan kadaluarsanya tinggal besok doang, saya jadi niat mengeksekusi semua roti gandumnya. Hehe. Dibuat simple sandwich aja dengan bahan-bahan yang udah ada di rumah. Hampir sama koq bahannya ama Lazy Pizza. Inspirasinya gara-gara liat acara tv kuliner yang bahas roti bakar di Jakarta. Beeuh mupeng saya, jadi langsung olah aja deh.

Bahan-Bahan :


Roti Gandum
Saus Bolognese
Sosis Sapi/Ayam
Mentega/Margarin
Mayonaise
Keju

Cara Membuatnya:
  • Belah sosis jadi 2 bagian memanjang, bakar sebentar hingga matang kecoklatan
  • Oles kedua sisi roti dengan margarin tipis-tipis, oleskan saus bolognese di 1/2 bagian roti

  • Tata sosis diatas saus bolognese, kasi mayonaise secukupnya dan keju parut

  • Tutup roti dengan melipatnya
  • Panggang dan tekan-tekan permukaan rotinya supaya roti flat, balik hingga didapatkan kematangan roti yang diinginkan

  • Angkat dan potong menjadi 3 bagian agar lebih mudah dimakan
  • Sajikan dan siap disantap

Kalo ada timun dan selada bisa banget ditambahkan. Mau tambahin saus sambal juga boleh. Pokoknya isinya sesuai selera dan sesuai isi kulkas deh. Hehe. Rasa mayonaise menetralkan rasa asin dari saus bolognese dan keju, pas dan nyamm banget pokoknya. Sebungkus roti gandum habis deh buat sarapan orang serumah. 

Liat mayo dan saus bolognese yang lumer keluar, nom nom nom

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...