8.07.2014

Resep : Putri Salju Yang Mudah, Simple, dan Enak


Sebelumnya saya mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Siyamana wa Siyamakum, Minal Aidin wal Faizin. Telat ya? Gak koq ini masih bulan Syawal hehe *ngeles*. Masih dalam suasana lebaran, kali ini saya ingin share sesuatu yang erat sekali hubungannya dengan Hari Raya, yak btul kueh kering. Ini pertama kalinya saya buat kue kering looh, belanja bahannya semangat, membuatnya juga semangat. Gak lupa disisipin bismillah biar kue kering pertama saya langsung sukses gak pake gagal, amin.

Dulu waktu masih SMP/SMA gitu suka beli Putri Salju merek Penjor, biasanya dijual di toko buah. Favorit banget karena rasanya sederhana but perfect. Gak pake kacang mede tumbuk or ditaro sebagai hiasan diatasnya, gak ada rasa keju, gak renyah, simple aja masuk mulut manis, lembut, hancur di mulut, dan bikin nagih. Duuh ngeces kan ngebayanginnya. Kemudian si Putri Salju merek Penjor ini udah gak keliatan lagi dong, dicari-cari gak ketemu juga. Hiks sedih deh.

Sampe akhirnya si kakak cerita kalo temen kantornya bawa Putri Salju buatan sendiri ke kantor. Rasanya mirip Penjor!! Wuaah langsung tanya resepnya dong. Ternyata simple banget cuma terigu campur butter Wijsman udah itu tok, gak perlu garem, telur, keju, mede, dan bla bla bla lainnya. Wuiiih penasaran dong saya, dan dengan pedenya bilang ke kakak.

"Putri Salju gak usah beli buat lebaran, sini gw yang buat"

Pede bner yak, buat aja belom pernah hahaha. Akhirnya karena takut gagal saya pun googling resep yang paling mendekati dengan resep temen kakak itu doong, abisnya dikasi resep tanpa takaran, kan bingung juga. Alhamdulillah nemu, nama resepnya Putri Salju Jadul atau Resep Putri Salju Klasik, thanks atas share resepnya yaa. Kenapa klasik or jadul karena konon katanya resep ini ada di Buku Resep nenek temennya, bukunya udah kuning-kuning saking jadulnya. Hihi. Dan butter yang digunakan memang merek Wijsman, butter asal belanda, yaa mungkin resep ini dibawa ke Indonesia udah dari jaman penjajahan Belanda kali yaa *sotoy*.

Berhubung butter Wijsman saya nemunya yang ukuran 1 kg, dan harganya itu looh sekitar 200rbuan, saya akhirnya beralih ke merek lain, masih butter kalengan juga tapi kemasan 340gr, merek Blue Triangle, harganya hanya 1/4 si Wijsman aja. Sempet worry apakah rasanya akan seenak pake Wijsman, secara buatnya pas lagi puasa, gak bisa nyolek nyolek nyicip doong. Yauwis dicoba aja yaa. Btw klo butter Wijsman asal Belanda, Blue Triangle ini buatan negara tetangga Australia. Tenang aja baik butter Wijsman maupun Blue Triangle udah Halal semua koq, udah ada tulisan halal di kemasannya, bukan Halal dari MUI tentu saja, tapi sertifikasi Halal dari negara pembuatnya masing-masing.

Duh panjang aja cerita pembukanya, yuk langsung buat aja, oh iya berhubung saya gak punya cetakan, jadi bentuknya bulat-bulat polos aja, cukup bulatkan dengan tangan koq, gampang. Resep asli bisa lihat di Resep Putri Salju, disini saya tambahkan dan kurangkan seperlunya aja.

Bahan-Bahan :
200gr  Butter (Blue Triangle/Wijsman)
200gr  Margarin (Blue Band)
450gr  Tepung Terigu protein rendah (Kunci Biru)
Gula Halus
Gula Donat/Dextrose

Cara Membuatnya :

  • Campur butter dan margarin dengan spatula hingga menyatu dan lembut
  • Masukkan tepung terigu sambil diayak sedikit demi sedikit, aduk rata sampai semua menyatu dengan campuran butter margarin
  • Simpan di kulkas kurang lebih 15 menit agar lebih mudah di bentuk
  • Bentuk adonan bulat-bulatkan dengan tangan, segera susun di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti
  • Panggang kurang lebih 20-40 di oven sampai matang. Warnanya memang tidak kecoklatan, tapi kuning lembut.

  • Segera gulingkan di gula halus saat masih panas, sisihkan

  • Setelah dingin gulingkan lagi di gula donat dan simpan di toples, taburkan gula donat lagi biar makin cantik


Snow ball pun jadi. Begitu buka puasa langsung hap dan alhamdulillah puas dengan hasilnya. Butter Blue Triangle ternyata gak mengecewakan, waktu dipanggang aromanya wangi dan rasanya juga creamy milky khas butter. Love it!!

Untuk takaran diatas jadinya sekitar 3 toples ukuran sedang, lumayan yee buat di kekep di kamar, eh dipajang di meja pas Lebaran maksudnya. Hihihi. Oh iya berhubung saya cuma punya 2 loyang, jadi ada adonan yang nunggu giliran dibentuk dan dipanggang, jadi sambil menunggu saya masukin kulkas lagi biar si butter gak meleleh sebelum waktunya. Yuk dicoba resepnya, cocok buat newbie yang baru mau belajar buat kue kering seperti saya, tapi rasanya dijamin kayak buatan expert.



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...