8.23.2014

Resep : Cake Pisang Easy And Yummy


Waktu bulan puasa kemaren di rumah lagi ada pisang tanduk ukuran jumbo, matangnya pas, warnanya kekuningan, rasanya pun manis tidak berlebihan. Cantik sekali. Sebagian udah ada yang di rebus untuk takjil di masjid, sebagian dibuat kolak, dan masih ada beberapa lagi sisanya. Pisang kan gak kuat dianggurin lama-lama yaa, jadi mending saya colek ajak maen bareng deh. Bermain bikin cake pisang, hihi baking memang menyenangkan dan ajaib. Prosesnya seru, terus adonan lembek-lembek gak jelas bisa jadi cake dengan warna kecoklatan yang cantik dan lezat. Wuaah lovely. Cuma yang bikin bete sih liat cucian perabotan setelahnya, hahaha.


Resep cake termudah dan bahannya juga gampang ada semua di rumah pernah saya baca di blog masak-memasak yang saya ikuti Just Try & Taste. Suka banget baca resep-resep di blog tersebut, detail, plus ada foto-foto proses pembuatannya. Buat pemula seperti saya sangat membantu banget loh, jadi tingkat kegagalan yang mungkin terjadi yaa bisa diminimalisir lah. Hehe. 

Resep cake pisangnya hanya menggunakan 5 bahan aja, dan irit telur, hihi suka deh. Tapi saya modif dikit jadi 6 bahan, dan pisangnya juga saya ganti sama pisang tanduk yang ada di rumah. Ternyata saya suka banget hasilnya pake pisang tanduk, rasa pisangnya dapet tapi gak terlalu strong sampe bikin mabok pisang, trus pisang tanduk yang kekuningan bikin warna cake saya jadi kuning bersih, manis deh. Yuk langsung buat.


Bahan-bahan :
1    buah     Pisang Tanduk ukuran jumbo (atau 2 pisang ukuran sedang)
2    butir     Telur
50  gr         Gula Pasir
100 gr        Tepung Terigu protein sedang (Segitiga Biru)
60  gr         Margarin, dilelehkan (pake Blue Band Cake & Cookie)
secukupnya Susu Cair Plain

[Untuk loyang kecil ukuran 15x10x5]


Cara Membuatnya :

  • Siapkan loyang, olekan sedikit margarin, alasi dengan kertas roti. Dan panaskan oven terlebih dahulu.
  • Rendam telur di air hangat (2-3 menit), cukup air hangat saja, karena air panas bisa membuat telur matang
  • Lelehkan margarin, sisihkan
  • Hancurkan pisang dengan bantuan garpu agar masih terasa tekstur pisangnya, tidak terlalu hancur. Karena pisang tanduk agak kering dan tidak begitu lembek, tambahkan susu cair tawar sampai agak basah dan lembek saja, jangan sampe cair.
  • Mixer telur dan gula hingga ribbon stage/berjejak, kecilkan mixer hingga low speed, kocok kembali selama 1 menit untuk menjaga ribbon stage
  • Masukkan pisang, aduk perlahan dengan spatula dengan teknik lipat balik
  • Masukkan tepung terigu sambil diayak, aduk perlahan dengan teknik lipat balik sampai cukup rata
  • Tuang sedikit adonan ke margarin cair, aduk sampai cukup menyatu, kemudian masukkan ke adonan, aduk perlahan hingga menyatu
  • Tuang adonan ke loyang yang telah disiapkan, panggang selama 40 menit dengan api sedang
  • Saat 20 menit dipanggang atau setengah matang (bagian atas sudah terlihat kaku), keluarkan dari oven dan iris memanjang bagian tengah cake, lakukan dengan cepat, dan masukkan kembali ke oven
  • Panggang kembali 20 menit atau hingga matang
Fresh from the oven

Jadi deh Cake Pisang yang wanginya menguar ke seluruh dapur, humm nyaam. Biarkan uap panasnya hilang dulu, baru keluarkan dari loyangnya dengan cara menarik kertas roti. Setelah tidak panas, potong-potong cake sesuai selera.

Waktu hangat, bagian atasnya agak garing, tengahnya moist,
duh yummy banget <3

Rasanya wuiih sedep banget, apalagi waktu masih hangat. Bagian luarnya agak sedikit garing sehingga kasi sedikit kres waktu digigit, trus bagian tengahnya masih lembab moist gitu. Masih terlihat tekstur pisang yang berwarna kuning cantik pada cakenya, rasa pisangnya juga tidak terlalu kuat, dan cakenya juga tidak kemanisan. Pas sedepnya buat saya.

Sayangnya keluarga saya seleranya savory nih, jadi udah pake loyang kecil masih aja gak habis. Akhirnya habis dibawa kakak ke kantor, dan senengnya semua bilang enak. Hehe. Aaah jadi pengen buat lagi.



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...