5.20.2014

Resep : Minuman Es Manisan Rambutan


Musim buah rambutan masih gak sih? Sebenernya mau share resep ini udah dari beberapa bulan yang lalu, pas lagi rame-ramenya pedagang buah rambutan di Bali. Buah rambutan jadi murah banget, dan hampir tiap hari nyemilin rambutan. Tapi kalo tiap hari lama-lama jadi bosen juga, udah dikupasin semua taro di kulkas masih aja gak dilirik. *puk puk rambutan*


Akhirnya bapak gregetan liatnya, bapak itu paling gak bisa liat makanan mubadzir, jadi diolah-lah rambutan jadi manisan rambutan yang sueger bener. Cara mengolahnya gampang banget, bahan-bahan juga sederhana, tapi sukses bikin sekeluarga ketagihan. Sluuurp.

Nah minuman Es Manisan Rambutan ini, jauh lebih murah dari pada rambutan kaleng yang dijual di supermarket. Bisaa banget jadi sajian minuman untuk arisan, lebaran, ulang tahun, maupun acara-acara lainnya. Dijamin lain dari pada sajian tetangga sebelah *eyaaa* dan tamu-tamu Insyaallah pada doyan. Tapiii jangan kebanyakan yaa, karena konon katanya musim rambutan = musim batuk, bener gak tuh? Apa cuma sugesti? 

Rambutan sendiri ternyata memiliki manfaat kesehatan yang baik buat tubuh loh. Coba deh tanya ama mas Google, pasti langsung rame infonya. Nih diantaranya mengandung kalium, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, folat, mangan, magnesium, zat besi hingga vitamin C. Didalam 100 g rambutan ( 3 buah), terdapat kandungan kalori 69 kalori, 58 mg vitamin. Kadar seratnya juga cukup tinggi, yaitu 2 g per 100 g buah. sumber

Sip sip udah tau manfaatnya? Yuk langsung diolah.

Bahan-bahan :
Buah rambutan, kupas dan hilangkan bijinya
Gula pasir
Daun pandan
Jeruk nipis
Es Batu
Air
Soda (optional) 

Cara membuatnya :

  • Manisan rambutan : Rebus air, gula pasir, dan pandan hingga mendidih. Masukkan daging rambutan rebus hingga empuk. Masukkan ke kulkas. Karena manisan jadi air dan gula dibuat seimbang, agak sedikit kental dan manis.
  • Penyajian : Taruh manisan rambutan di dasar gelas dan kuahnya sedikit, tambahkan es batu secukupnya, air/soda hingga gelas penuh. Terakhir kasi perasan jeruk nipis biar rasanya makin seger.

Sluuurrp

Aduk-aduk dan siap di srupuuut *ngeces*. Kalo kurang manis, kuah manisan rambutannya bisa ditambahin. Cocok banget diminum siang pas lagi panes-panes gitu. Hati-hati yang lagi diet, hahaha. Besoknya saya cariin ke kulkas udah abis ternyata, padahal buatnya sepanci gede looh.



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...