2.01.2014

Resep : Sambal Bongkot Ayam


Bongkot atau batang kecombrang adalah salah satu bahan masakan khas Bali, biasanya sering dibuat sambel bongkot dan disajikan sebagai pengganti sambal matah di nasi campur ala Bali. Rasa bongkot itu unik, beraroma khas yang kuat seperti Laos atau Sereh. Awal mencobanya saya malah gak suka, karena aneh mungkin ya untuk lidah saya. Tapi kedua kali mencoba, kali ini saya nyoba Sambal Bongkot Tongkol, dan saya jadi doyan banget, justru rasanya yang unik itu yang saya suka. Hahaha balada lidah yang aneh.


Nah kali ini, saya mau buat Sambal Bongkot dengan Ayam. Bumbu-bumbunya sederhana koq, masakan Bali itu bumbunya mirip-mirip, hanya bahan utamanya yang berbeda. Untuk yang belum tahu tampilan bongkot bisa dilihat dibawah ini. Biasanya yang dibuat sambal bongkot adalah bagian batang yang muda dan bunganya. 

Bongkot, alias batang kecombrang

Cara mengiris bongkot agak tricky, mulai dari batang yang bawah, kupas sampai terlihat bagian yang putih dan muda, kemudian iris-iris. Kalo sudah sampai di bagian hijau yang agak tua, kupas lagi dan akan terlihat bagian putihnya, iris-iris sampai bagian hijau, kupas kembali, dan begitu seterusnya. Kemudian irisan bongkot diberi garam, dipijat dengan tangan supaya getah dan aroma bongkot yang kuat akan berkurang. Diamkan sebentar kemudian bilas dengan air, tiriskan. Siip bongkot pun siap diolah.

Bahan-bahan :
Ayam               1/2 kg
Bongkot            3 batang
Bawang Merah       8 siung
Bawang Putih       6 siung
Cabai Setan        7 buah, atau sesuai selera
Terasi             1/2 sdm, lebih juga boleh
Jeruk limo
Garam
Gula
Minyak untuk menggoreng


Cara Membuatnya :
  • Goreng ayam, jangan terlalu kering, angkat dan suir-suir, gak perlu terlalu halus
  • Iris tipis bawang dan cabai, biji cabai bisa dihilangkan bila kurang suka *kayak saya*
  • Tumis bawang dan cabai sampai matang
  • Masukkan terasi, aduk rata
  • Masukkan ayam, aduk rata, bila dirasa terlalu kering bisa ditambahkan minyak
  • Masukkan bongkot yang sudah dibersihkan, aduk rata
  • Beri garam dan gula secukupnya
  • Terakhir beri sepotong jeruk limo, aduk-aduk sebentar, siap dihidangkan

Yap its done^^

Jadi deh Sambal Bongkot Ayam. Ada juga yang versi gak dimasak, yaitu seperti buat sambal matah, bongkotnya tinggal dimasukkan aja. Rasanya enak dong, pedes, dengan rasa bongkot yang unik bikin ayam makin lezat. Apalagi dengan nasi hangat, bikin kerusakan yang ditimbulkan bakalan parah. Iyaa kerusakan bentuk body, soalnya saya jadi pengen nambah mulu, hahaha. 

Come closer, hihi *ngeces*

Cocok banget ya untuk inspirasi makan siang hari ini. Eh tapi kalo gak sempet masak makan siang, atau lagi musim ujan males keluar rumah/kantor beli makanan, tenang aja kan ada delivery service. Untuk delivery makanan sekarang sudah lebih mudah loh, gak hanya lewat telepon tapi juga bisa lewat internet. Seperti di Bali, untuk online delivery bisa lewat FoodPanda, mau delivery makanan di restoran favorit tinggal klik-klik dan duduk manis, makanan pun datang di rumah maupun kantor. Ya ampun akhirnya di Bali ada juga online delivery yaak, biasanya kan adanya di Jakarta doang ^_^. 

Selain itu untuk yang punya smartphone juga ada aplikasi smartphone gratisnya, biar delivery makanan makin mudah yaa. Kalo mau tau resto apa aja yang bisa online delivery, di Bali ada Bali Deli dan Warung Makan Bali Betutu untuk pilihan HalalFoodnya, list lengkapnya bisa langsung mampir ke website FoodPanda.

Udah gak galau lagi kan makan siang mau makan apa. Yuk selamat makan!! 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...