2.22.2014

Resep : Fish Ball Tom Yum


Masak-masak lagi yuuk. Kali ini menu khas dari Thailand yaitu Tom Yam. Biar gak usah pergi jauh-jauh ke sana, mari buat sendiri aja. Tapi kali ini saya agak curang ya, pake bumbu Tom Yam instant, hehe. Waktu terakhir ke Thailand saya beli banyak bumbu Tom Yam instant, dan belakangan saya baru tau kalo di Indonesia juga ada *tepok jidat*. Milih-milih bumbunya jangan lupa liat ada logo halalnya dan usahakan yang non MSG dan preservatives, seperti yang akan saya gunakan ini.

Ini tipe bumbu instan bubuk, merek lain ada yang berbentuk pasta

Udah halal koq. No MSG dan No Preservatives ;)

Pertama kali masak Tom Yam saya malah pake bumbu sendiri dan bener-bener ribet. Untuk kaldunya numis kepala udang dulu, trus pake aneka bumbu seperti laos, sereh, daun jeruk, kecap ikan, minyak wijen, dan bla bla bla lainnya. Trus kaldunya disaring biar bening yang berarti ganti panci, tambah cucian panci, hahaha. Alhamdulillah rasanya enak, kalo gak nangis bombay deh. *jadi curcol* Balik lagi ke masakan kali ini.

Untuk isiannya sebenernya disuruh pake udang dan jamur, tapi berhubung gak ada dan kakak alergi udang jadi diganti pake fish ball. Banyak koq dijual di supermarket, nih saya beli yang aneka baso begini di hypermart, pas ada diskon bok, hihi.

Bakso ikan aneka macam ^^
Sekali masak saya pake 1/2 aja, sisanya bisa untuk lain kali

Biar Tom Yam nya makin sehat saya suka tambahin sayuran, bisa sawi putih atau wortel. Kali ini saya pake sawi putih aja. Oh iya saya juga pake tofu, atau tahu sutra. Tofu enak sih, tapi bisa juga diganti tahu biasa, enak semua. Untuk yang bingung mengolah tofu, rendam di air panas selama 5 menitan, lebih boleh. Lalu potong di bagian tengah kemasan biar kebagi 2, keluarkan tofu lalu potong-potong tofu agak tebal, dan goreng di minyak panas sebentar, sampai kedua sisi mulai agak kering berwarna keemasan dan tofunya lebih kokoh. Angkat dan siap digunakan tofunya. Tujuan digoreng adalah biar tofunya gak hancur kalo diolah, rasanya juga jadi lebih enak.

Tofunya agak rusak, disimpen di freezer soalnya T_T


Bahan-bahan :

Bumbu Tom Yam Instant    1 bungkus
Bakso Ikan               secukupnya, potong kecil sesuai selera
Tofu                     1 bungkus, digoreng sebentar
Sawi Putih               secukupnya, potong-potong
Bawang Putih             3 siung, potong kecil-kecil
Bawang Bombay            1/2 butir yang besar, potong kecil-kecil
Cabe Kecil               2 buah/sesuai selera, potong kecil-kecil
Santan                   1/2 bungkus santan kara segitiga
Minyak                   untuk menumis
Air                      900 ml
Garam                    secukupnya
Gula                     secukupnya


Cara Membuatnya :

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi dan transparan, masukkan cabe tumis sebentar
  • Masukkan air dan bumbu tom yam instant, aduk rata, didihkan
  • Masukkan bakso ikan dan santan
  • Bumbui dengan garam dan gula sesuai selera
  • Masukkan tofu yang sudah digoreng dan sawi putih, didihkan sebentar
  • Siap dihidangkan hangat-hangat

Huaaa lapeeeer >_<


Hummm hangat, pedes, asem, seger, enaaaak. Cocok banget dimakan di musim hujan, pake nasi anget. Nyaaam. Dan saya langsung kalap makannya, udah habis sepiring masih laper aja, nambah deh, hihihi. Bumbu instannya sendiri sudah asem koq, jadi gak perlu ditambahkan perasan jeruk. 

Untuk isiannya sesuai selera dan sesuai isi kulkas aja. Jamur, terong, cumi, tuna, apa aja boleh. Kalo ada daun bawang dan kemangi juga bisa ditambahkan. Disini saya pakai air 900ml, karena untuk porsi sekeluarga, sebenernya suruhan di sachetnya cuma 1 1/2 gelas aja. Dan saya pake santan karena airnya saya banyakin, jadi santan membuat Tom Yam nya lebih kental gitu. Kalo punya kecap ikan, boleh koq ditambahkan, tapi garamnya dikurangi yaa. Pokoknya berkreasi aja. ^^

Buntut kepitingnya manggil-manggil minta di hap 

Akhir kata, yang bener Tom Yam apa Tom Yum sih?? *bingung*
  

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...