1.09.2014

Resep : Rendang Daging with Kacang Merah


Ceritanya di rumah lagi ada daging sapi lumayan banyak, dan Ibu pengen olah jadi rendang daging, plus udah beli kacang merah pula buat tambahan. Tapi berhubung saya lagi puasa yang pengen ini pengen itu, tiba-tiba ngomongin rendang saya jadi inget lah sama rendang nasi padang di belakang kampus saya dulu. Rendangnya berwarna coklat gelap, pekat, dan empuk, favorit saya banget pokoknya. Kalo rendang di nasi padang deket rumah saya gak ada yang kayak gitu, warnanya ada yang coklat muda atau kemerahan. T_T. Akhirnya minta sama Ibu biar saya aja yang bumbuin.


Eits gaya yak, situ expert din? Gak sih ini baru pertama kalinya saya mau buat rendang, eksperimen gitu ceritanya. Hahaha korban eksperimen saya adalah keluarga sendiri. Resepnya googling doong, dan jebret banyak aja keluar hasilnya, dan rata-rata resepnya beda-beda. Nah loh puyeng deh, akhirnya saya pilih yang paling banyak macam rempah-rempahnya, dan paling meyakinkan menurut saya, tapi tetep ada yang diubah-ubah, dikurangi, or ditambahin dikit lah. Resep asli saya nyontek disini.

Oh iya kenapa pake kacang merah? Saya doyan kacang merah, sehat lagi, dan kacang merah yang empuk dicampur ke rendang itu enyaaak pake banget. Selain kacang merah bisa ganti kentang koq, gak kalah enaknya. Duh dah ngeces duluan deh. Yuk langsung masak.

Bahan-bahan :
Daging sapi         1 kg, potong-potong
Kacang merah basah  rendam 1 jam
Cabai merah         3 buah
Cabai kecil         5 buah
Bawang putih        4 siung
Bawang merah        4 siung
Jahe                1 ruas jari
Lengkuas            1 ruas jari, pilih yang muda
Kunyit              1 ruas jari
Kemiri              3 butir
Ketumbar            1/2 sdt
Merica              1/4 sdt
Daun jeruk          3 lembar, sobek-sobek
Daun kunyit         2 lembar
Serai               2 batang, memarkan.
Air asam jawa       4 sdm
Garam               secukupnya
Gula merah          secukupnya
Santan Kara         2 bungkus, yang segitiga
Minyak untuk menumis


Cara Membuatnya :
  • Blender halus cabai merah, cabai kecil, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri, ketumbar, dan merica
  • Tumis bumbu halus sampai airnya habis, atau sampai bumbu masak dan minyak memisah
  • Masukkan daun jeruk, serai, dan daun kunyit, tumis-tumis lagi
  • Masukkan daging dan air asam jawa
  • Tambahkan air secukupnya, santan, garam dan gula
  • Bila sudah mendidih kecilkan api, masak hingga daging empuk, aduk-aduk sesekali
  • Bisa ditambahkan air kalo sudah habis tapi daging belum empuk
  • Masukkan kacang merah, masak lagi hingga kacang empuk
  • Dengan api sedang aduk-aduk rendang supaya agak kering hingga warna rendang coklat gelap dan pekat

Coklat gelap, empuk, pake kacang merah empuk

Sip berhasil, rendangnya jadi sesuai keinginan saya, coklat gelap, pekat, empuk, pedes, dan nendang *kata bapak saya*. Ihiiiy sukses ya eksperimen saya kali ini, tapi menurut saya kurang pedes, hehe. Berhubung masaknya gak pake panci presto jadi yaa agak lama gitu deh, 1 jam lebih. Syukurlah hasilnya gak mengecewakan. Begitu buka puasa langsung ambil nasi makan pake rendang. Nyam nyam.


Nih biar tambah mupeng, nyamm

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...