1.22.2014

Resep : Ikan Tim yang Sehat, Segar, dan Mudah


Masak-masak lagi yuk. Kali ini ceritanya saya habis dapet rejeki, ibu tetangga sebelah mampir ke rumah dan kasi ikan segar *alhamdulillah*. Selain kasi ikan segar, saya juga dikasi ide cara mengolah plus resepnya. Yap dengan cara di tim. Wuiiih sehat banget ikan di tim, karena gak pake minyak sama sekali. Tapi ya, dulu waktu masih kost saya pernah buat ikan tim, tapi rasanya failed banget. Gara-garanya pake minyak wijen, bukan salah minyak wijennya, tapi saya yang gak tau klo pake minyak wijen cukup dikiiit aja, malah saya kasi 3 sendok makan. Hahaha akhirnya rasanya pait-pait piyee gitu.


Nah berhubung punya pengalaman gak baik sama ikan tim sekalian aja saya tanya resepnya sama Ibu tetangga sebelah, dan ternyata gampang loh, bumbunya juga sederhana, khas Indonesia semua, gak perlu beli bumbu masak chinese food. Rasanya juga segar dan enaak. Yuk langsung mari memasak, tapi berhubung biar keponakan saya bisa makan juga jadi no cabe, no pedes-pedes *hiks*.

Bahan- bahan :
1   ekor         Ikan laut segar, bebas bisa kakap, ekor kuning, dll
3   siung        Bawang putih
3   siung        Bawang merah
1/2 ruas jari    Jahe
1/2 ruas jari    Laos
1   batang       Sereh
1/2 buah         Tomat besar
2   lembar       Daun jeruk, sobek-sobek
2   lembar       Daun salam
secukupnya       Air
secukupnya       Garam
secukupnya       Gula 

Cara Membuatnya :

  • Bersihkan ikan dan kerat badannya, taburi garam di kedua sisinya secukupnya
  • Iris bawang putih dan bawang merah. Potong kasar jahe, sereh, dan tomat. Laos digeprek.
  • Dengan menggunakan pinggan tahan panas *karena gak ada saya pake mangkok keramik* atur daun salam di dasarnya, kemudian ikan diatasnya, taburi semua bumbu di kedua sisinya dan diatas ikan
  • Beri garem dan gula secukupnya
  • Tambahkan air secukupnya
  • Letakkan pinggan diatas pengukusan, kukus sampai matang, kurang lebih 20-30 menit, siap disajikan
Siip jadi deh. Gampang banget kan, tinggal chop chop, kukus, matang deh. Air kuahnya biasanya akan bertambah karena pengukusan. Bisa banget ditambahkan cabe supaya pedes, dan daun kemangi di 10 menit terakhir supaya makin mantab rasa kuahnya. Rasa kuahnya seger banget agak asam dari tomat, dengan rempah-rempah, dan ikan yang masih fresh. Ikannya juga empuk dan lembut, nyaaam.

Taraa, ikan tim fresh from the dandang, hihi

Oh iya resep ini untuk ukuran 1 ikan ukuran medium, yaa dikira-kira aja takaran bumbunya kalo ikannya lebih banyak.^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...