12.03.2013

Resep : Ayam Goreng Lengkuas with Serundeng Lengkuas


Kali ini share resep dulu yaa. Sudah lama gak bagi-bagi resep di blog ini. Awalnya tadi pagi dapet "titah" dari "kanjeng ratu" bumil, alias kakak saya yang lagi hamil minta dimasakin "ayam goreng kayak di tipi" *sambil nunjuk TV*. Kalo di iklan TV, katanya sambil merem masak ayamnya juga jadi, cakep gitu kuning keemasan dengan taburan serundeng bumbunya. Tapi ya ituu pake bumbu instant ber-MSG. Berhubung saya ini kalo masak dirumah berusahaaa banget gak nambah-nambahin MSG ke masakan, karena kalo beli makan di luar biasanya ditambahin MSG. So saya googling deh cari bumbu manualnya.

Dari hasil "penerawangan" saya sepertinya itu adalah Ayam Goreng Lengkuas atau laos lah namanya beberapa daerah di Indonesia. Setelah googling sebentar, kayaknya resep di blognya Mbak Ricke deh yang paling mudah diikuti, penjelasannya masuk akal, dan terlihat yummy. Yuk langsung mari memasak. Resep asli Mbak Ricke bisa dilihat DISINI.

Bahan-bahannya :

Ayam (dipotong)        : 1 kg
Lengkuas (diparut)     : 3-4 batang
Sereh                  : 2 batang
Daun Jeruk             : 5 lembar
Merica Bubuk           : 1/2 sdt
Garam                  : 1 sdm
Gula Pasir             : 1 sdm
Air                    : 350 ml
Minyak untuk menggoreng

Bumbu Yang Dihaluskan :
Bawang Putih           : 5 siung
Bawang Merah           : 5 siung
Jahe                   : 1 ruas
Kunyit                 : 1 ruas
Ketumbar               : 1 sdm
Kemiri                 : 3 butir


Cara Membuatnya :

  • Masukkan ayam, bumbu yang dihaluskan, dan parutan lengkuas ke dalam panci/wajan besar, aduk rata
  • Tambahkan air, aduk rata, lalu nyalakan apinya
  • Tambahkan gula, garam, merica bubuk, sereh, dan daun jeruk, aduk rata
Ayam yang lagi diungkep, airnya akan menyusut


  • Aduk-aduk sesekali sampai airnya habis
  • Pisahkan ayam dan bumbunya (bisa disimpan di kulkas atau langsung di goreng)
Ayam yang udah dipisahin dari bumbunya, bisa disimpan di kulkas

Bumbunya, tinggal goreng untuk jadi serundeng gurih


  • Goreng sebentar ayam sampai berwarna kecoklatan dengan api sedang
  • Goreng bumbunya dengan minyak secukupnya (tidak usah terlalu banyak), saring, taburkan di atas ayam
This is it. Rasanya endeus banget, nyaaam

More pict, biar tambah mupeng..hihi



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...