5.09.2013

Pengalaman Pembayaran Belanja di Qoo10 Indonesia

Saya mendapat beberapa pertanyaan tentang pembayaran ke Qoo10 Indonesia di postingan saya sebelumnya disini. Juga ada yang request minta penjelasan lebih lengkap mengenai pembayaran. So karena saya udah janji mau nulis tentang pembayaran dan mumpung saya lagi senggang kali ini saya akan share pengalaman saya membayar ke Qoo10 Indonesia. Dan sekali lagi saya mau bilang postingan ini tidak disponsori oleh Qoo10 atau pihak lain manapun. Murni saya ingin sharing, karena siapa tahu bermanfaat bagi teman-teman di luar sana yang ingin berbelanja asyik seperti saya tapi masih bingung pembayarannya. Yaa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain kan.^^

Yuk lanjut.
Di Qoo10 "setau saya" pembayaran harus selalu dipisah untuk setiap transaksi (pilih, order, buy now, proses). Jadi misalkan kita beli 2 buah BB Cream di transaksi 1, total pembayaran plus ongkir Rp 200.000. Lalu kita belanja lagi 3 buah nail polish alias kuteks di transaksi 2 (ntah mau satu shop or beda shop tapi tetap hitungannya transaksi yang berbeda), dengan total pembayaran plus ongkir Rp. 60.000. Lantas bukan berarti kita bisa bayar/transfer Rp. 260.000 begitu aja, tapi kita transfer 2 kali deh, sesuai jumlah transaksi kita, urutannya transfernya bebas mau transaksi yang mana duluan, mau yang Rp 60.000 duluan silahkan, mau yang Rp.200.000 duluan juga boleh, gak ada yang marahin. Hehe. Kalo ada yang bilang kenapa ribet gitu sih? Sebab itu akan memudahkan Qoo10 untuk memproses pembayaran, jadi lebih cepat deh pembayaran kita terproses. Mau kan transfer pagi, trus siang "payment confirmed"? *lalala yeyeye*


Lalu untuk metode payment, berdasarkan pengalaman saya akan dibedakan menjadi 2 sub, yaitu Pembayaran dengan Virtual Account BCA dan Pembayaran dengan Direct Debit BCA. Kenapa cuma 2? Ya karena saya pernahnya begitu, gak pernah pake CC, ataupun metode pembayaran lainnya.

Pembayaran dengan Virtual Account BCA

Awal belanja ke Qoo10 saya membayar ke Virtual Account, dan sampai sekarang ini masih jadi metode favorit saya. Kenapa? Bentar saya mau jelasin dulu satu-satu biar gak bingung. Inget ya No Account Virtual itu ada 11 digit, beda sama Account biasa.

a. Setor Langsung Ke Cabang BCA

Saya gak punya rekening BCA, so saya kalo bayar ya biasanya ke cabang BCA terdekat, tulis form, dan setor langsung ke teller. Kalo tellernya bingung, bilang ini ke Virtual Account ya mbak/mas/bu/pak. Dan ternyata gak pake biaya proses dong karena ke Virtual Account. *i love free*

Berapa lama di proses pembayaran kita? Awal-awal belanja sekitar 1 hari, jadi hari ini bayar besok sudah terproses pembayarannya. Tapi akhir-akhir ini, siang transfer trus sore udah confirmed aja. Yuhuu gak ada 1 hari, makin cepet deh barang pesenan dikirim, makin cepet sampe deh, makin cepet dicolek deh. Hahaha

Etapi pengalaman saya kalo mau bayar lebih baik antara Senin-Kamis ya, cos pernah transfer Jum'at, dan hari Senin baru payment confirmed. Kayaknya Sabtu-Minggu libur yaa pegawainya.

Oh iya apa aja yang ditulis di form pembayaran kalo pake metode ini? Nih kukasi foto form pembayaran saya. Iyaa saya belanja yang murah meriah aja koq, kan saya pecinta diskon, sale, promo, dan teman-temannya. Haha. Kalo gak promo mending beli di Ready Stock di Olshop Indonesia deh.^^



b. Pakai Klik BCA

Lah katanya gak punya rekening koq bisa bayar pake Klik BCA??!! Gak usah sewot dulu deh. Kan saya numpang pake Klik BCA temen saya. Hihi. Yang perlu diingget pada saat buka Klik BCA : transfer ke Virtual Rekening (di Klik BCA ada pilihannya, kalo mobile Banking BCA gak ada), masukkan jumlah pembayaran sesuai transaksi, minimal Rp 10.000, dan di remark input Qnumber kita (input angkanya doang, gak usah ditambahin embel-embel lain). Cos kan nama pengirimnya beda, jadi penting banget tuh Qnumber. Dan dalam 1 hari sudah di proses dong. *happy*


Pembayaran dengan Direct Debit BCA

Nah kalo ini ke Account BCA biasa, No Account nya 10 digit. Pernah sesekali saya transfer ke No Account BCA biasa ini. Dan kurang suka yaa. Sebelumnya ini berdasarkan pengalaman saya or orang-orang di sekitar saya ya, kalo ada yang ngerasa beda gpp, mari kita ambil hal positif dari tiap perbedaan. ^^

a. Setor Langsung Ke Cabang BCA

Nah saya belom pernah sie setor langsung ke Cabang BCA. Jadi saya mau share pengalaman temen kakak. Yang di isi di form kurang lebih sama kecuali no rekening ya, yang ini 10 digit. Dan karena temen kakak juga gak punya rek BCA jadi yang ini pake biaya transfer Rp 5.000. Makanya saya suka Virtual Account. Hahaha.


b. Pakai Klik BCA

Nah yang ini juga saya numpang pake Klik BCA temen. Karena dia mau bayar orderannya di Qoo10, saya nitip sekalian deh. Nah temen saya yang mau bayar pesenannya, uangnya malah masuk Qmoney, bukan terproses langsung ke belanjaannya. Jadi dia ganti metode pembayarannya dengan Qmoney (ada pilihannya koq di cart belanjaan kita), beres deh. 

Pembayaran saya gimana? Temen saya sudah menuliskan Qnumber saya dengan benar loh di bagian remark, dan seminggu belom diproses juga T_T. Akhirnya saya email deh, plus sertakan bukti transfer (di upload), dan besoknya pembayaran saya sudah di confirm. Alhamdulillah yeaaay.


Nah paham kan kenapa saya lebih suka ke Virtual Account? Free dan gak pake lama. 

Ada juga pertanyaan di postingan sebelumnya mengenai pembayaran :
1. Pake atm BCA orang lain bisa gak?
Jawab : Bisa, tapi di atm gak ada tempat untuk input Qnumber kita, jadi setelah transfer segera kabarin ke Qoo10, informasikan tanggal pengiriman, Qnumber, No cart, dan sertakan bukti pembayaran.

2. Pake mobile Banking bisa gak?
Jawab : Untuk Virtual Account "sepertinya" gak bisa, cos gak ada pilihan Virtual Account tuh di mobile banking. Tapi untuk no rekening biasa bisa, tapi saya kurang tau bisa input Qnumber gak kalo mobile banking.

Udah sekian share saya tentang Pembayaran di Qoo10 Indonesia. Nanti kalo ada info baru lagi saya tambahin deh.

Hope it help.^^

Update : Mohon maaf pertanyaan mengenai postingan ini sudah lama saya abaikan, dan sepertinya akan begitu seterusnya. Hal ini dikarenakan rata-rata pertanyaannya sudah pernah saya jawab, tolong dibaca comment yang sudah saya balas di atasnya. Atau jawaban pertanyaan mungkin ada di postingan saya berikutnya disini, mohon dibaca juga balasan comment saya di postingan tersebut. Atau ada pertanyaan yang lebih tepat ditanyakan ke CS Qoo10, bukan saya. Terima kasih untuk yang sudah mampir dan sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...