5.01.2013

Cerita Tentang Pindahan Dari Jakarta Ke Bali | Part 1


Bulan April 2013 kemaren saya balik ke Jakarta selama kurang lebih 3 minggu, ceritanya mau pindahan barang-barang di kostan, mau di bawa pulang ke Bali. Iyaa rencananya saya mau balik pulang ke Bali, habis di Jakarta temen-temen udah pada pindah or balik ke kampung halaman. Selain itu yang bikin saya makin yakin untuk pulang adalah mama sampe mohon suruh tinggal di rumah aja, masak tega sih saya nolak >_<. 

Alasan ortu adalah saya di kostan sendiri, kalo sakit ya sendirian, temen-temen yang diminta tolong pasti pada kerja lah dan jauh juga. Kalo jaman kuliah dulu, kalo sakit ada temen-temen di kostan, kan jadwal kuliah beda-beda, jadi sesama temen saling merawat deh kalo sakit. Hal inilah yang bikin orang tua khawatir, so dengan saya dekat di rumah lebih tenang deh mereka cos saya lebih keurus lah. Eh bukan berarti saya penyakitan loh ya, biasa Monday Sick, penyakitnya orang kantoran, ketemu Senin ajaibnya sering tiba-tiba sakit kepala lah, diare lah, mual lah, dkk. Hahahaha.


Jadi anak kost selama 6 tahun lebih dan menempati kamar yang sama *setia yah saya ama kamar hihi* bikin barang di kamar naudzubillah banyaknya, hal pertama yang saya pikir waktu pindahan adalah jual elektronik besar dan yang berat-berat. So akhirnya beberapa barang saya jual ke temen-temen di sekitar, alhamdulillah laku, hihi. Dan Romeo, motor kesayangan, yang maunya dijual, karena denger harga jual motor bikin meringis alias turun banget akhirnya milih mutasi aja dan bawa pulang.

Beberapa barang-barang yang laku terjual^^

Sisanya baju, buku (baca : komik, hahaha), peralatan masak dan makan, printilan-printilan lainnya saya pack deh buat dikirim ke rumah. Dan ini yang sempet bikin saya stress, ternyata totalnya semua sampe 100kg lebih!! *nyut nyut nyut itu printilan apa cobaan?? T_T* Mesti pake paket apa coba biar murah. Mulailah googling dan telpon sana sini, buat tanya harga kirim barang jumlah besar dari Jakarta ke Bali. Oh iya saya pilihnya Expedisi yang punya nama, cukup bonafit, dan layak dipercaya. Ini dia daftar informasi yang saya dapat.
  • Kantor Pos, maks 20Kg, 19.000/Kg
  • JNE, 18.000/Kg
  • ELTEHA, 5Kg pertama 50.000 selanjutnya 6.800/Kg
  • ESL, >100Kg 8000/Kg, free pick up
  • NCS, 16.000/Kg
  • Wahana, >100Kg 11.500/Kg
  • PAHALA, 5Kg pertama 38.000 selanjutnya 6900/Kg
  • Atlas Express, >100Kg 5000/Kg, free pick up, harga masih bisa nego dengan marketing
  • Hira Express, 5Kg pertama 70.000 selanjutnya 2750/Kg, pick up 50.000

Nah sekian kira-kira yang saya catat, selain itu juga coba telepon Pandu perkilo sekitar 20 ribuan karena mereka memang dengan pesawat semua dan sampai dalam 1 hari. Yaa semua ekspedisi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya, ada yang agak mahal tapi dekat dari rumah, ada yang dilengkapi tracking number, ada yang sehari sampai, ada yang pengelolaan barangnya baik, ada yang respon cepat tanggap ramah dengan pelanggan, dll. Dari harga saya sepertinya cocok ke Hira Express ya, kantor cabangnya juga deket dari kostan. Tapi waktu  sabtu pagi saya coba telepon gak diangkat, ketika setelah sekian kali telepon baru diangkat dan operatornya gak yakin hari itu ada yang berangkat ke Bali or gak. Akhirnya saya disuruh SMS alamat kostan, nanti mau mereka kabarin "katanya". Saya SMS sekali, tunggu kabar gak dikabarin. Lama kemudian saya SMS lagi, gak dikabarin juga. T_T Yasudahlah saya pun SMS batal aja. Cos itu hari Sabtu, dan Minggu saya udah flight, so saya udah gak ada waktu untuk nunggu kepastian gini.

Akhirnya saya coba nego harga dengan marketing Atlas Express, dan akhirnya harga kena 3.500/Kg. Saya hitung-hitung gak beda jauh koq sama Hira, oke lah deal, dan saya kemudian SMS alamat kostan ke mereka. Lalu dari kantor Atlas di Daan Mogot ada yang telepon saya memastikan alamat. Lama kemudian saya ditelpon lagi, kali ini dari yang mau pick up barang untuk memastikan alamat. Yaa sekitar 2 jam lebih lah dari telepon konfirmasi pertama akhirnya sampai mobil yang ambil barang. Dan ternyata saya gak bayar di tempat, tapi bayar setelah sampai ke Bali. ^^

Ini dia mobil Atlas yang ditunggu-tunggu^^
photo by +Yulistin Ishak 

Total ada 10 koli
Temen saya, +Yulistin Ishak  ikutan nitip angkut kulkas yang dia beli dari saya ke kostannya pake mobil Atlas sekalian, untung mau yaa. Hehe. Nah waktu bantuin Utin taroh kulkas di kamar kostannya tiba-tiba saya ditelpon dong sama temen di kostan kalo ada mobil paket yang nyariin saya. Nah loh!! Ternyata dari Hira Express karena gak lama kemudian saya ditelpon  ngabarin kalo mobil pick up nya sudah sampe, nah loh!! Saya bilang aja kalo saya udah SMS membatalkan karena saya minta dikabarin tapi gak dikabar-kabarin, dan saya butuh kepastian cepet. Alhamdulillah dia mau terima penjelasan saya dan gak nyolot, jadi gak ada drama tambahan deh.^^

Sip paket barang beres

Selanjutnya kirim motor Jakarta ke Denpasar, saya juga sudah googling dan telpon-telpon Ekspedisi yang biasa terima pengiriman motor. Oh iya motor saya, Romeo, itu adalah Vario bermesin 110cc. Dan ini beberapa harga yang lumayan murah dari pada yang lain.
  • ELTEHA, 625.000 kirim + packing
  • PAHALA, 619.000 kirim + packing + asuransi

Atlas juga ada tapi waktu saya SMS lagi marketingnya gak dibales-bales, yasudah lah akhirnya saya pilih ELTEHA aja. Loh kenapa? Kan lebih mahal? Karena Bapak saya pernah kirim motor Bali ke Bandung pake ELTEHA, dan juga kata temen saya ELTEHA itu udah lama lah ngurusin paket-paket motor gini. Jadi saya percayakan Romeo ke ELTEHA. Motor langsung saya bawa ke kantor ELTEHA di daerah Budi Kemuliaan, dan bayar di tempat. Stang gak saya kunci, trus kunci motor saya yang bawa, mereka cuma pegang fotocopy stnk saya yang berisi cap mutasi. Iyaa yang asli masih di kepolisian untuk urus mutasi.

See you in Bali, Romeo :*

Sip kirim motor beres.

Kapan sampainya, dan bagaimana keadaan barang-barang yang saya paketkan itu? Sambung lagi ya nanti di Part 2, udah malem soalnya dan udah kepanjangan. ^^


Disclaimer : Ini murni berdasarkan pengalaman saya pribadi, tanpa disponsori pihak manapun, dan gak bermaksud menjelekkan pihak manapun. Hanya ingin berbagi informasi yang siapa tahu membantu mereka yang ingin kirim paket dari Jakarta ke Denpasar juga.^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...