2.16.2013

10 Tips Memanfaatkan Eyeshadow Palette-mu

Punya banyak eyeshadow palette atau cuma punya 1 eyeshadow palette tapi jarang dipake dan khawatir kalo kelamaan nganggur keburu jamuran? Saya tipe yang cuma punya 1 palette eyeshadow koq, karena saya memang gak jago oles-oles eyeshadow seperti foto-foto eye makeup di majalah, internet, atau seperti teman-teman beauty blogger yang lain. Masih newbie lebih tepatnya. Dan saya juga sering kali tidak sempat untuk pakai eyeshadow, kecuali lagi sangat centil atau ke acara khusus seperti undangan.

Saya pernah mendapat pertanyaan dari teman-teman saya, untuk apa sih beli eyeshadow padahal saya pakenya juga jarang-jarang. Banyak cara untuk memanfaatkan eyeshadow palette loh, beberapa caranya juga kalian bisa temukan di internet. Nah disini saya merangkumnya dan ingin membagi 10 tips untuk membantu teman-teman yang masih bingung dalam memanfaatkan Eyeshadow Palette, apalagi kalo palette kalian isinya warna-warni, pasti lebih seru.

1. Sebagai Eyeshadow


Yang ini pasti sudah pada tau. Namanya juga eyeshadow, pasti tugas utamanya untuk eyeshadow ya. Kalian bisa memulaskan sesuai dengan kreatifitas kalian, atau yang masih belajar seperti saya bisa "nyontek" dari majalah atau internet. Maaf bila hasilnya tidak terlalu rapih atau cetar membahana ya, saya yakin kalian pasti lebih baik dari saya dalam memulaskan eyeshadow. ^_^



2. Sebagai Eyebrow Definer
Bila kalian punya eyeshadow palette dengan warna coklat pekat, hitam, atau abu-abu gelap kalian bisa gunakan untuk mengisi kekosongan *tsaah* pada alis kalian dengan bantuan kuas. Bahkan hasilnya bisa lebih natural loh *menurut saya*. Usapkan warnanya dengan bantuan eyebrow brush tipis-tipis merata sesuai bentuk alis alami, tambahkan warnanya jika dirasa kurang tebal, atau cubit-cubit lembut alis jika dirasa terlalu tebal. Saya tahu tips ini dari teman-teman waktu saya masih SMA dulu, mereka yang ngenalin saya sama alat makeup dan fungsinya.




3. Sebagai Eyeliner

Warna : atas ungu, bawah biru muda

Ingin punya eyeliner warna-warni tapi kalo beli lagi pasti menguras kantong? Nah kalian bisa memanfaatkan eyeshadow palette kalian sebagai eyeliner juga. Sebelumnya gunakan bantuan eyeshadow base, atau yang versi hemat ala saya bisa pakai lipbalm untuk membuat warnanya lebih keluar dan awet. Basahkan sedikit eyeliner brush atau sponge (disini saya menggunakan cotton bud), ambil warna yang diinginkan, oleskan mengikuti garis mata, atau bentuk sesuai kreatifitas. Air disini gunanya agar warna yang diambil bisa lebih tebal dan warna yang dihasilkan lebih intens. Selain sebagai pengganti saat butuh eyeliner warna-warni, bisa juga sebagai pengganti eyeliner regular kalian saat darurat.

Warna coklat tua untuk daily look


4. Sebagai Pop Eye Effect

Hasil akhir mata terlihat lebih besar, cantik, dan berbinar

Bila dalam palette anda ada warna-warna terang terutama dengan shimmer "sedikit" seperti warna putih, gold, silver/pearl, atau soft pink with shimmer, warna-warna tersebut bisa membantu memberikan efek mata lebih besar dan berbinar. Sapukan sedikit pada ujung garis mata bagian dalam, ratakan, dan voila mata akan terlihat lebih besar secara instant, cantik dan juga lebih cerah berbinar. *Pop Eye Effect?? Saya kurang tau deh istilahnya yang benar dalam dunia makeup. Somebody could help?*


5. Sebagai Shading (Countour)
Ingin membuat hidung terlihat lebih mancung atau pipi lebih tirus? Kalian bisa memanfaatkan warna coklat gelap yang ada di palette kalian dengan bantuan brush. Untuk polanya bagian berwarna gelap pada gambar di bawah ini.


Gambar saya ambil dari google image search


6. Sebagai Highlight
Berbicara tentang shading pasangannya adalah highlight, yap eyeshadow warna-warna terang seperti putih atau yang menyerupai warna kulit kita bisa dipergunakan sebagai highlight loh. Polanya adalah bagian berwarna terang pada gambar diatas. Untuk siang hari bisa pilih warna yang tanpa shimmer, atau bila pada palette hanya ada yang bershimmer bisa ditumpuk dengan bedak padat untuk mengurangi shimmernya. Namun pada malam hari bisa bebas bermain dengan shimmer, tapi tetap hati-hati supaya tidak too much. Contoh countour dan highlight pada hidung saya, untuk kesan hidung lebih ramping dan mancung.

Countour and Highlight on my nose


7. Sebagai Blush On

Lihat perbedaannya di pipi kiri dan kanan

Bila ada warna-warna pink, peach, or red pada pallete kalian, bisa loh sebagai blush on dadakan, apalagi kalian yang sedang travelling dan tidak membawa banyak peralatan makeup, atau yang baru belajar make up dan belom punya blush on. Bila ukuran palette terlalu mini untuk menggunakan brush, bisa juga dengan bantuan jari yang ditepukkan perlahan pada pipi, kemudian untuk meratakan baru menggunakan brush.


8. Sebagai Lip Color
Dapat tantangan makeup ala gothic, green, gold atau yang unik-unik, tapi gak punya lipstick dengan warna yang sesuai? Tenang aja, langsung lirik eyeshadow palette kalian, cari warna yang sesuai dengan tema makeup kalian. Caranya sebelumnya oleskan pelembab bibir dulu, kemudian tepuk-tepuk dengan jari warna pilihan kalian, untuk hasil lebih sexy dan berkilau bisa ditambahkan dengan lipgloss. Tapi saya gak sarankan untuk dipakai lama-lama atau untuk daily use ya, untuk kalau lagi darurat saja, karena sebenernya saya gak tau formula yang terkandung di dalam eyeshadow aman atau nggak bila tertelan.

Bare lips with lipbalm
Setelah diwarnai dengan eyeshadow
Disini saya gunakan warna hitam
With lipgloss untuk kesan lebih berkilau dan sexy


9. Sebagai Face Art


Ini juga biasanya untuk yang dapet tantangan make up, atau yang dapat undangan birthday party dengan tema khusus, sampai perlu untuk menggambar wajah. Dari pada harus beli tinta khusus face art, lebih hemat memanfaatkan yang ada yaitu dengan eyeshadow palette yang kalian punya. Gambar pola terlebih dahulu, kemudian beri warna yang sesuai. Bila ingin warna lebih keluar bisa dengan bantuan eyeshadow base, lipbalm, atau air.


10. Sebagai Nail Art
Ingin kuku berwarna-warni dengan budget minimum *seperti saya?*, pakai eyeshadow bisa koq. Oleskan warna dasar terlebih dahulu, setelah kering oleskan baby oil di permukaannya, fungsinya untuk memudahkan warna menempel pada kuku, kemudian tepuk-tepukkan warna yang diinginkan sesuai kreatifitas dengan bantuan jari, terakhir oleskan top coat agar awet.


Maaf kalo berantakan ^^

Sekian tips dari saya, bagaimana menurut kalian? Semoga bermanfaat ya and please CMIIW. Bila ada yang memiliki tips lain dengan eyeshadow bisa langsung sampaikan pada comment di bawah ini. ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...