1.22.2013

Review : Rafting at Bakas Levi Rafting and Elephant Tour

Sebagai orang yang lahir dan besar di Bali, sebenernya cukup memalukan karena ini pertama kalinya saya rafting *kalah yaa sama yang pengunjung yang liburan ke Bali*. Orang tua saya adalah tipe yang kurang mengikuti perkembangan pariwisata Bali, dan tipe yang mikir rafting itu mahal bok, mending duit segitu pake makan keluarga, or mending wisata ke pantai yang biaya masuknya murah meriah cuma tinggal bayar parkir. Jangan tanya saya pernah naik banana boat or gak, karena memang belom pernah >_< *mewek*

Syukurnya kakak ipar saya orang bekerja di bidang pariwisata, so akhir tanggal 24 November 2012 kemaren saya pun diajak rafting dan it's FREE *menangis terharu*. Tempatnya Sungai Melangit di Bakas Levi Rafting And Elephant Tour, karena dari fotonya saya lihat tempatnya keren, sungai berarus (tidak terlalu deras), tidak terlalu besar sungainya, banyak undakannya, dan yang paling penting sungainya dikelilingi tebing-tebing tinggi. So cool, kayak lagi menjelajah di tempat antah berantah yang misterius. *ini efek kebanyakan nonton film adventure agaknya*


Bakas Levi Rafting berada di Kabupaten Klungkung, Bali. Dari rumah saya berangkat jam 8 pagi, karena mau basah-basahan dan bertualang, jadi no mandi no make up no fashionable, yang penting pake sunblock dan baju siap tempur, kucel banget deh tapi I'm so exciting! *yaaaay!!!!* Kemudian kita jemput keluarga kakak ipar dulu di daerah Sanur, searah koq, jadilah serombongan keluarga berangkat ke Bakas Levi Rafting pukul 11 siang di siang hari yang saat itu matahari lagi semangat bersinar. *yaak templokin sunblock di wajah banyak-banyak* Dan sebentar saja gak sampe 30 menit juga sudah sampai di lokasi, sebenarnya gak nyampe 1 jam dari rumah saya *kalo gak macet loh ya*.

Ruang tunggu

Tempat melapor dan reservasi
Ada yang lagi elephant tour^^

Wuaaah baru sampai di parkiran udah adem loh suasananya karena banyak pepohohan. Lalu kakak ipar melapor dulu kalo sudah reservasi, berapa orang, berapa boat, dan plus tambahan ada yang mau naik gajah. Iyaap di Bakas Levi Rafting and Elephant Tour ini ternyata ada macem-macem loh :

  • Bakas Elephant Tour
  • White Water Rafting
  • Jungle Tracking
  • Trip To Village
  • Mountain Cycling
  • Wedding Package
  • Bakas ATV/Quard Cycle

Jadi kita pakai 2 boat masing-masing berisi 2 orang adult 1 orang anak-anak plus 1 instruktur. Sebenernya 1 boat bisa berisi sampai 5 orang plus 1 instruktur dan insyaallah aman buat anak-anak mulai dari 5 tahun *asal anaknya gak penakut aja*.  Sama 1 ekor gajah untuk kakak saya, ibu mertuanya, Naira dan sepupunya Naira yang masih balita juga, plus 1 orang pawang gajah.

Iya si kakak gak ikutan rafting, alesannya sie karena ngajak Naira, padahal dia males karena sebelum rafting n selesai rafting pake jalan naik turun yang lumayan jauh. *ih kakak lebay deh*

Rombongan yang lagi bersiap-siap

Saya yang lagi rempong pake life vest,hihi

Sebelum rafting kita diberi waktu untuk berganti pakaian, memakai life vest, helm, dan membawa dayung masing-masing. Tenang ajah life vest, helm, dayung, dan instruktur sudah termasuk dalam paket rafting koq.

Yak sudah siap dengan peralatan tempur

Setelah siap dengan perlengkapan rafting, jangan lupa untuk take a picture dulu yaa. Instrukturnya mau membantu koq menyalurkan hasrat narsis kita *kedip*. Oh iya HP dan kamera boleh dibawa rafting koq, asal sebelum ke air dititipkan ke instruktur ya, mereka sudah siap dengan kantong anti airnya.

Yeaaay i'm so exciting!!

Kanan kiri tembok tanah, pohon, batu yang alami

Perjalan pun dimulai, wuaaah saya semakin bersemangat, sebelum sampai di sungai kita harus berjalan turun kurang lebih 10 menit lah, gak jauh-jauh amat koq, lumayan sekalian pemanasan biar gak kram. Hawanya enak koq, gak begitu panas karena banyak pohon dan jauh dari polusi.

Akhirnya ketemu juga ama boat-nya

Sebelum basah-basahan foto kering dulu.hehe

Undakan pertama di depan mata

Akhirnya sampai di sungainya, dan anehnya tiba-tiba kaki saya gemeteran *norak deh*. Saya satu boat dengan kakak ipar dan adiknya Didot. Didot yang masih kelas 3 SD yang awalnya "semangat 45" jadi jiper liat undakan pertama langsung nangis minta balik, but it’s to late. Hahahaha *devil grin*. Sebelum naik boat, sendal yang gampang lepas dan licin sebaiknya dititipkan dulu ke instrukturnya.

Yaak rombongan 1 siap berangkat
*photo by Bakas Levi Rafting*

Yaak undakan pertama yang bikin mangap
*photo by Bakas Levi Rafting*

Rombongan pertama kakaknya kakak ipar dan anak ceweknya juga adiknya kakak ipar *bingung ya silsilahnya??*. Begitu undakan pertama langsung di iringi teriakan heboh. Huaaa kaki saya makin gemeteran dan Didot nangisnya makin kenceng, lucu deh.

Our turn, liat tuh ada yang mewek hihi
*photo by Bakas Levi Rafting*

AAAAAAAAAK!!!*photo by Bakas Levi Rafting*

Byurrr!! Suegeeerr ^^
*photo by Bakas Levi Rafting*

Sekarang giliran boat kami, dan noraknya kenapa juga saya mesti merem, kan jadinya makin ketauan deh kalo saya deg-degan. Siapkan nyali, dan teriaaaak! AAAAAAAAAAAAAK!!! Rasanya sueger dan seruuu, airnya lumayan dingin book, tidak semenakutkan yang saya pikir. Malahan asyiik! Hihi. Didot pun malah mulai berhenti nangisnya dan menikmati undakan di sungai ini.

Sepanjang perjalanan banyak sekali undakan, karena isengnya instruktur sering boatnya turun undakan dengan posisi belakang duluan. Terus kalo jarak boat kita deketan dengan boat rombongan pertama, kita perang cipratin air pake dayung. Hahaha seruuu

Sampai di tengah perjalanan

Waktunya berenang unyu dan foto narsis

Aslinya lumayan dalem loh,untung pakai live vest

Sampai di tengah perjalanan ada air yang cukup dalam dan tenang. Disitu kita dapet kesempatan untuk nyemplung dan berenang, segeeer. Plus ada juga batu di pinggir sungai yang cukup tinggi terus kita bisa loncat dari atas batu itu ke air, sebenernya saya udah sampai ujung batu buat loncat, tapi begitu liat air dan tingginya wuaaah langsung jiper, gak jadi *bodo deh mau dibilang cemen juga gapapa*. Oh iyaa sambil berenang-berenang unyu gak lupa buat foto-foto dulu. Airnya lumayan dalem loh nie, diatas kepala saya kalo kaki sampai ke dasar.

Brrrr kejatuhan air deras, tapi asyik

Sampai di ujung rafting ada air terjun mini yang kita bisa foto-foto *lagi*.  Tapi sayang di ujung rafting ini dasar sungainya banyak sampah deh, sedih banget liat sungai untuk pariwisata masih aja dipakai untuk buang sampah. Oh iya jangan lupa ambil kamera dan HP yang tadi dititipkan.
Yaak selesai sudah raftingnya, basah kuyup ^^

Bli-bli instruktur rafting kita hari ini, cekatan dan iseng

Jalan menanjak yang bikin betis ama paha cenat-cenut

Jembatan besi yang goyang-goyang,
yang phobia tinggi jangan liat ke bawah
Diangkut tronton untuk balik ke starting point

Selesailah rafting saya, ada sekitar 1.5-2 jam gitu kali yaa lama raftingnya. Lumayan bikin pegel lengan buat dayung dan perang ciprat-ciprat air. Kemudian jalan kali lagi, kali ini menanjak yang lumayan bikin betis dan paha protes. Melewati jembatan besi panjang yang lumayan horor kalo sampe jatuh *amit-amit*, dan sampailah diujung perjalanan. Menunggu rombongan lain di belakang kita untuk kemudian diangkut dengan truk tronton ke tempat awal.

Kakak dan Naira yang masih pucet abis naik gajah

Disana kakak sudah menunggu dengan ceritanya tentang naik gajah. “Naik gajah itu ngeri banget, duduk di kursi yang diikat di punggung gajah yang tinggi. Kaki menginjak punggung gajah yang berbulu tajem, geli banget. Jalan gajah yang bikin punggungnya bergerak glinjat-glinjut *waah muncul lagi bahasa ajaib*. Plus kakak bawa Naira yang masih balita, bikin naik Gajah makin horor.” Hihihi. Perlu dicoba deh nie naik gajah.

Tempat lunch nya

Selanjutnya mandi dan bersih-bersih deh, dapet sabun gratis, dan pinjaman handuk bersih gratis juga. Kemudian makan siang, makan siang juga termasuk dalam paket rafting, dan makanannya tidak ada babinya koq. Abis capek rafting, mandi, trus makan. What a complete package.

Mereka juga menjual foto waktu kita rafting loh, bisa pilih foto terbaik, perlembarnya 10$ atau Rp 100.000. Lumayan yaaa ^_^;



Bakas Levi Rafting & Elephant Tour
Paket Rafting : Life vest, helm, dayung, instruktur, sabun, handuk, lunch, dan antar-jemput untuk hotel di area Denpasar, Sanur, Kuta, Seminyak, Jimbaran, dan sekitarnya.
Harga sekitar : Rp 350.000 untuk tamu lokal dan 65$ untuk tamumancanegara (tergantung tempat reservasinya) atau bisa hubungi saya juga koq untuk tanya-tanya masalah paket dan reservasinya.^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...