12.10.2012

Giveaway : Sarang Walet, Sarang Burung Mahal Yang Bermanfaat Super

Kenapa tiba-tiba saya mau ngomongin tentang sarang burung walet?? Apakah sarang burung walet adalah merek brand kosmetik/skin care terbaru?? Apakah sarang burung walet nama tempat wisata yang akan saya kunjungi untuk travelling?? Apakah saya yang habis resign n berstatus Job Seeker *ups curcol dikit* mau alih profesi menjadi peternak sarang burung walet??

Hehe bukan koq. Jadi saya sedang mengikuti Giveaway yang diadakan oleh Ce Lulu, owner from http://lovelyluelue.blogspot.com. Giveaway ini diadakan dalam rangka menyambut birthday-nya tanggal 31 Oktober kemaren. Happy Birthday for Ce Lulu, wish all the best for you and family, also congrats to be a beautiful Mom.^^



Hadiah giveaway nya kali ini ada 3 macem yang bisa kita pilih, dan saya memilih Pilihan 1 : Sarang Walet + Teddy Bear. Untuk yang ingin tau hadiah lainnya atau ingin mengetahui bagaimana lengkapnya cara mengikuti giveaway ini bisa langsung dilihat di postingan disini. Ayoo buruan tanggal 10 Desember 2012 loh terakhir alias today!! Dan ini adalah beberapa pertanyaan yang wajib saya jawab :


A. Kenapa kamu follow blog ini?
Jawab :  Karena blognya isinya cewek banget, ada tentang make up, beauty tips, hasil kerajinan tangannya yang selalu menginspirasi dan manis banget, curhat-curhat yang bikin saya ngerasa "iyaa ih, gw juga gitu", dan kesemuanya ditulis dalam bahasa yang santai, jelas, dan enak aja dibacanya.

B. Kenapa kamu memilih hadiah ini?
Jawab: Saya memilih Sarang Walet + Teddy Bear. Sarang walet karena untuk orang tua saya, sudah beberapa bulan ini mereka batuk-batuk, sudah berobat ke dokter tapi masih bandel batuknya. Dan Teddy Bear untuk keponakan saya Naira yang akhir Februari ini akan berusia 2 tahun. Dia suka sekali boneka.^^

C. Apa aja yang kamu tau soal Sarang Walet ini?
Jawab : 

Sarang walet adalah sarang burung yang terbuat dan terbentuk dari air liur burung walet sendiri yang akan mengering ketika terkena udara. Sarang walet yang telah dibersihkan dan siap dipasarkan akan berbentuk seperti mangkuk.


Sarang walet rumahan

Sarang walet goa

Lalu mengapa sarang walet memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi (alias mahal T_T) tentu bukan tanpa alasan. Pembudidayaan burung walet membutuhkan tempat (kandang/rumah) yang layak bagi burung walet untuk hidup, mencari makan, berkembang biak, serta aman dari gangguan para predator. Rumah tersebut juga memerlukan suhu, kelembaban, serta penerangan yang sesuai sehingga dapat menyerupai gua alami tempat burung walet biasa hidup, selain itu masih banyak syarat-syarat lain yang dibutuhkan untuk membangun tempat pembudidayaan walet. Repot sekali yaa?? *fiuhhh*



Selain itu pemeliharaannya juga bukan hal yang mudah. Pembibitan, penetasan telur, perawatan walet yang masih unyu-unyu baru menetas, pemberian pakan, serta serangan hama/penyakit juga menjadi perhatian pada pembudidayaannya walet. Sarang walet pun terbentuk dengan membutuhkan waktu yang cukup lama, dan masa panen dari sarang walet ini pun juga harus menggunakan teknik tertentu, sebab bila salah panen bisa-bisa burung waletnya jadi takut tinggal di tempat itu lagi dan malahan kabur. 


Proses panen ini juga bisa menentukan kualitas dari sarang burungnya, semakin baik kualitasnya tentu saja semakin mahal T_T. Dari panen hingga siap dipasarkan juga sarang-sarang tersebut harus dibersihkan dulu dari kotoran, debu, dan bulu burung yang menempel hingga jadi bersih, Tapi hati-hati loh ya sebab sekarang ada yang menggunakan pemutih untuk membuat sarang burung terlihat bersih, serem yaah. Pilih-pilih yaa kalau mau beli sarang burung berkualitas baik.

Walaupun rempong banget, pembudidayaan burung walet ini tetap ramai loh di Indonesia, karena sarang walet ini merupakan komoditi ekspor Indonesia yang laris manis di Cina. Oh iya, walaupun ekspor sarang walet ke Cina sempat dihentikan karena sarang burungnya kurang sesuai dengan standar international, tapi sekarang sudah bisa lagi loh, bahkan bisa langsung ekspor ke Cina tanpa melalui negara pihak ke-3 lagi, soalnya semenjak bulan Juni 2012 kemaren sudah dibuat MoU Kementrian Pertanian RI dengan China tentang standardisasi produk ekspor sarang burung walet. Yang tentu aja ini semakin menguntungkan Indonesia dong yaa.

Nah masih heran kenapa sarang burung walet mahal dan famous banget di Cina?? Tentu karena manfaatnya yang super duper banget banyaknya bagi kesehatan manusia, dan sudah dikenal bertahun-tahun di Cina untuk pengobatan penyakit serta makanan mewah kerajaan di Cina. Beberapa manfaat  antara lain :
  • Baik untuk kesehatan paru-paru, melancarkan fungsi paru-paru, mengobati batuk kronis, buat yang asma sangat bagus sekali untuk pemulihan sistem pernapasan dan menguatkan paru-paru, untuk yang memiliki paru-paru basah dapat membantu mengeluarkan cairan di dalam paru-paru.
  • Meningkatkan kekuatan jantung, melancarkan sistem peredaran darah, membersihkan darah, menjaga kesehatan ginjal, mempercepat proses penyembuhan penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Untuk kecantikan dapat membantu proses regenerasi kulit, mengencangkan kulit, membuat awet muda, menyamarkan kerutan, mencerahkan, serta membuat kulit menjadi halus dan kenyal
  • Baik dikonsumsi oleh ibu hamil, dapat meningkatkan daya ingat, dan kecerdasan
  • Bahkan dapat mencegah dan membantu pengobatan penyakit kanker, hepatitis B, dan HIV AIDS
Wow banget kan manfaatnya?! Makanya gak heran kalau harga sarang burung walet sangat mahal, bisa mencapai 50 juta lebih per-kilonya untuk kualitas terbaik loh (begitu kata mbak Google ^_^).  CMIIW yaa.

Okay, sekian pembahasan saya kali ini. Wish me luck.^^

 
Sumber :
- http://lovelyluelue.blogspot.com/2012/06/eps-31-beauty-secret-part-2-another-5.html
- http://buka-mata.blogspot.com/2012/06/budidaya-walet.html
- http://farrelarjo.student.umm.ac.id/khasiat-dan-keistimewaan-sarang-burung-walet/
- http://www.cafewalet.com/manfaat-sarang-walet/
- http://www.poskotanews.com/2012/05/04/sarang-walet-bisa-ekspor-langsung-ke-china/

Image is not mine, all from google search.^^


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...