9.03.2012

Weekend Project : #2 DIY Lemon Syrup

Weekend akhir-akhir ini bener-bener full kegiatan (baca : lembur, maen-maen, dan mudik ^^). Terpaksa skip dulu deh postingan project mingguannya. Tapi minggu ini posting lagi doong. Berhubung habis bulan Ramadhan dan Lebaran, yang identik dengan ramenya iklan sirup sliweran di TV, pada gak tau apa ya orang puasa klo liat iklan sirup itu rasanyaa umm pengen srupuut *keplak*. Akhirnya terinspirasi dengan iklan sirup itu jadilah Weekend Project : #2 DIY Lemon Syrup.

Yap bikin sirup lemon sendiri. Ngapain ya repot-repot padahal jelas-jelas ke supermarket terdekat juga ada yang jual siropnya. Tapi sirop ini pastinya lebih sehat koq, karena gak pake pengawet, pemanis buatan, dan perasa lemon buatan. Selain itu buat sirop sendiri menyenangkan koq, kecuali pas bagian meres manual si lemonnya. Asli pegel banget!! Mending klo punya perasan elektrik dipake aja deh. ^_^;

Awalnya mau buat Lemon Mint Syrup, tapi gagal ternyata. Bukannya berasa mint, tapi malah berasa daun ^_^; Syukurlah setelah ditambahkan air lemon rasa daunnya hilang sama sekali. Maybe perlu pake mint essence ya bukan daun mint. Atau ada yg tau resepnya biar bisa berasa mintnya dengan daun mint?



 
Bahannya mudah dan terjangkau koq :
  • 1kg Jeruk Lemon import/lokal
  • 8 cup gula pasir atau sesuai selera
  • 4 cup air
Oh iya sebelumnya jeruk lemonnya di pijet/giling-giling dulu yaa biar air yang keluar makin banyak. Caranya seperti di bawah ini.


Giling-giling ^_^
 
Cara membuatnya :
  • Peras seluruh jeruk lemon, sisihkan 
  • Rebus air dan gula pasir sampai gula larut dan air mendidih
  • Setelah mendidih matikan api sambil terus diaduk-aduk
  • Tunggu hingga menjadi hangat, bukan panas yaa (vitamin C bisa rusak dalam air panas)
  • Masukkan perasan jeruk lemon, aduk rata
  • Masukkan dalam botol kedap udara/bekas botol sirop, simpan di kulkas
Simple kan?? Sirup ini bisa dicampur dengan air dingin, cocok untuk menyegarkan tubuh pas cuaca lagi panas. Bisa juga diseduh dengan air hangat untuk menghangatkan tubuh, melegakan tenggorokan pas lagi serak, atau pas lagi flu. Atau sebagai campuran kalo mau buat juice, bikin juice makin asem-asem seger.  

Nanti mau saya tambahin foto sebotol lemon sirup saya lah. Lupa mulu nie mw difoto. ^_^;

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...