5.22.2012

Day 1 : Rakyat Jelata Goes To Singapore

Previous Story : Preparation : Rakyat Jelata Goes To Singapore

Okay lanjut, akhirnya tiba juga di hari H, yaitu Senin, 14 Mei 2012. Ini minta cuti ama bos buat vacation ke Singapore buat 3 hari (hehe thanks a lot bos). Yeaaaay I'm so excited!!! Pagi-pagi bangun udah pengen langsung angkut ransel n berangkat ke bandara rasanya. Haha

Jam 10 pagi (belom mandi n sarapan) meluncur ke Peniti Money Changer buat tukar rupiah ke dollar Singapore, paginya sempet telepon dulu sie konfirmasi harga dan jumlah yang mau ditukar. Alhamdulillah kena rate Rp 7420/dollar nya. Best rate yang saya tau selama seminggu lebih mantengin vallas bank.

Jam 3 siang (plus-plus) berangkatlah rombongan rempong ke bandara Soekarno-Hatta. Oh iya walaupun ala backpacker, tapi dandan cantik/ganteng n berbaju kece itu wajib hukumnya, cos gak mau kan sampe di Changi nti dikira TKI or Imigran gelap. Hehe. Sampai di terminal 3 (yap penerbangan Air Asia ke Singapore melalui terminal 3), karena tanpa bagasi so langsung aja kita print boarding pass pake vending machine Air Asia yang terletak di dalam terminal 3. Tinggal scan 2D barcode di link webside (linknya dapet dr sms) ke vending machine Air Asia, sukses, print. Jadi deh.

Trus langsung ke lantai 2, antriiii di pintu masuk Internasional, lumayan panjaaang. Makanya kita jam 3 sore udah ke bandara walaupun penerbangan masih jam 7 malem. Gak pake urus-urus bebas fiskal koq, cos semenjak tahun berapa itu udah dihapuskan biaya fiskal (yg ke singapore loh yaa). Setelah antri panjang, langsung giliran kita, 4 paspor (rombongan rempongnya ada 4 orang) dan boarding pass serahkan ke petugasnya untuk di cap. Terus ke mbak-mbak petugas dari Air Asia, serahkan paspor dan boarding pass lagi, untuk pembayaran airport tax Rp. 150.000. Terus scanning barang bawaan, berees, tinggal duduk cantik tunggu waktu keberangkatan. Naah pas scanning itu deodorant spray si bonce yang botolnya berukuran 150 ml dan seluruh botol air mineral kita kena sita. T_T

Sambil menunggu boarding time bisa foto-foto, ke toilet, sholat, beli minuman di vending machine, charger HP, tapi sudah gak boleh keluar lagi untuk beli makanan, padahal laper banget.

Singaporeee!!! We're coming!! Pesawat brangkat on time jam 18.50 WIB dan sampai di Singapore 21.30 Singapore time yang setara WITA.

Di dalam pesawat di kasi kertas yang harus diisi lengkap yang berisi : Nama Lengkap, No Passport, Origin, lama kita stay, tempat kita menginap, dan masih banyak lagi. Nantinya kertas itu akan diambil saat kita sampai Changi, dan separuhnya lagi akan diambil saat kita meninggalkan Changi.

Sampai Changi Terminal 1 langsung foto-foto dulu (wajib ini).

Trus menuju Immigration untuk cap paspor dan menyerahkan kertas yang kita isi tadi di pesawat. Minum dulu di tap water yang ada deket immigration, sambil isi botol minum kosong yang dibawa dari Indonesia sampai full (air minum di Singapore mahal boook, so bawa botol minum wajib hukumnya). Langsung cari-cari brosur yang ada MRT Mapnya.

Kemudian naik skytrain ke Terminal 2 untuk naik MRT (MRT adanya di terminal 2 dan 3).

Sampai di Terminal 2 ikuti arah yang bertuliskan "Train To City".  Beli dulu kartu EZ Link SGD 12 di customer service dekat portal MRT, lalu tap dan siap menuju kota. Tujuan pertama kita adalah stasiun Farrer Park, yang merupakan stasiun MRT terdekat ke The Mitraa Backpackers Hostel tempat kita menginap. See instruction bellow :

Foto-foto selama di MRT wajib hukumnya!! Haha

Sampai di Farrer Park cari pintu ke luar ke arah Race Source Road, dari jalan itu tinggal ke arah kiri luruus, kira-kira 5 menit keliatan deh plang The Mitraa. Ternyata masih banyak bule-bule yang duduk2 nongkrong di luar hostel (lumayan cuci mata yang udah mengantuk).

Langsung aja kita ke resepsionis (dijaga sama om2 india yang ramah), dapet welcome drink (air mineral dingin), isi form data diri, dan berhubung sudah booking sebelumnya jadi tinggal bayar cash sisanya (gak menerima CC looh). Kami pun diantar ke kamar masing-masing, dapet selimut, kunci kamar dan loker. Saya menginap di female dorm yang 1 kamar isinya 6 orang. Bersih, kasurnya tebel, n dingiin AC. Nyaman lah. Langsung aja kita ganti baju tidur dan pindahin isi ransel ke loker yang lumayan besar.

Walaupun sudah sangat larut, kira-kira jam 00.30 waktu Singapore, tapi perut kita laper banget. So sebelum tidur menyusuri kaki ke arah Serangoon Road (yang ternyata tinggal belok gang udah nyampe), ketemu Pom Bensin Shell yang ada SevenElevennya (air mineral dsini mahal), lanjut lagi ke mini mart kecil yang cukup lengkap, dan dsana air mineral 1,5Lt SGD 1 (lumayan), lanjut lagi dan kita lihat rumah makan yang masih buka tengah malem dan halal!!

Akhirnya kita memutuskan makan dsana. Pesan nasi, lauk, sayur, n kuah kare SGD 5,5 dengan porsi kuli, akhirnya aku makan sepiring berdua ama Arin (lumayan bayarnya lebih murah).

Puas makan mampir dulu ke mini mart tadi untuk beli air mineral 1.5Lt 1$, dan sendal buat mandi 2$. Balik ke hostel dan tidur. Kumpulin tenaga buat besok.

Next Story : Day 2 : Rakyat Jelata Goes To Singapore.