4.30.2012

Part 1 Proses Pembuatan Paspor Online di Kanim Jakarta Barat

Ceritanya gaya nie saya pengen buat passport. Jadi kan akhir-akhir ini maskapai penerbangan suka ada Big Sale tuh (sale sie, tapi rata-rata udah pada abis seat yg harga murah), jadi kalo-kalo ada tiket murah ke luar negeri lagi, saya bisa order n langsung cus. Dan berhubung saya orangnya males kalo harus bolak balik Kantor Imigrasi (Kanim), dan rada medit kalo harus bayar plus plus pake jasa calo, so akhirnya saya menggunakan cara online aja, walaupun gak online-online banget sie, tapi frekuensi kedatangan saya ke Kanim kan bisa diminimalisir pake cara ini (begitu menurut mbah gugel).

So preparation yang saya persiapkan antara lain :
  1. Scan KTP WNI dalam bentuk JPG hitam putih ukuran maks 1,8 Mb
  2. Scan KK dalam bentuk JPG hitam putih ukuran maks 1,8 Mb
  3. Scan Akte Kelahiran dalam bentuk JPG hitam putih ukuran maks 1,8 Mb
  4. Scan surat rekomendasi dari kantor (untuk yang sudah bekerja), atau ijasah terakhir (untuk yang belum bekerja) dalam bentuk JPG hitam putih ukuran maks 1,8 Mb

Setelah beres semua di scan, kemudian saya langsung ke website pembuatan paspor online di Online Passport yang langsung di halaman pertama. Saya pilih Pra Permohonan Proposal.

Paspor Online



Next masuk ke halaman Info Pemohon, yaitu saya sendiri. Karena ini pertama kali saya mau buat paspor jadi saya pilih Baru-Paspor Biasa (bukan TKI yaa). Ceritanya saya mau buat yang 48 halaman (gak tau deh bakal sering or gak nie ke LN nya, hehe). Sisanya saya isi dengan lengkap.

Paspor Online



Next ke halaman yang berisi informasi alamat dan orang tua. Isi dengan lengkap.

Paspor Online



Next ke halaman upload dokumen. Dsini hasil scan dokumen yang sudah di persiapkan diatas di upload deh.

Paspor Online


Next, halaman ke Kanim mana saya akan datang (yap walaupun sistem online, saya tetep harus ke Kanim untuk bayar, foto, dan wawancara), saya pilih Kanim Jakarta Barat, cos lebih dekat dengan kantor, tepatnya di belakang Stasiun Kota (tanya aja ama orang-orang disana, pasti pada tau). Dan isi juga tanggal berapa kita bakal ke sana.

Next, ada tab baru terbuka yang berupa file pdf, simpan dan di print, untuk dibawa saat kita ke Kanim sebagai bukti pendaftaran online.

Beres deh. Sedikit ribet, tapi semua proses ini bisa dikerjakan di rumah or kantor kan? Cerita akan berlanjut ketika hari saya pergi ke Kanim Jakarta Barat di Proses Pembuatan Paspor Online di Kanim Jakarta Barat Part 2.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...