6.18.2010

Instalasi Ozeki NG To My Laptop

Sebagai mahasiswa terlalu nyantai, giliran dapet tugas ribet baru mulai ribet. Kali ini tugas kuliah gw tentang bwt aplikasi sms gateway yang bisa ngreplay sms secara otomatis. Engine yang mesti dipake untuk kali ini adalah ozeki ng. Wew makhluk apa ini?? waktu dkasi tugas ini belum pernah gw denger Ozeki NG...haha cupu bgt ya

Usut punya usut ternyata OzekiNG adalah salah satu engine untuk sms gateway dan menyambungkan antara modem yang qta punya ama laptop qta n script yang bakalan dibuat. Engine lain yang bs digunakan setahu gw antara lain NowSMS dan Gammu (opensource). Sedangkan SMS Gateway itu sendiri adalah aplikasi server yang berkemampuan mengirim dan menerima SMS. Itu looh yang di tv tv sering banget iklannya ketik REG [spasi] bla bla bla. Itu salah satu yang menggunakan sms gateway, jadi begitu kita kirim sms akan ada balasan otomatis, jadi yg bales gak ngetik n ngirim balesan satu persatu, bayangkan klo sehari puluhan hingga ratusan bahkan lebih sms yang masuk, pasti repot n gempor juga ngebalesnya. Karenanya mereka pake teknologi SMS Gateway ini. Bgonooo....

Untung aja tugasnya kelompok, jadi temen ribetnya banyak deh ^_^; 

Sebenernya sie tugasnya tuh dsuruh pake asp.net, tapi berhubung install visual studio di laptop gw lumayaaaaaaaan berat mpe gak bs install cos memory di drive C gak cukup, n udah bingung apalagi yang mesti dihapus mpe muat, akhirnya beralihlah pake PHP. Tapi sebelumnya harus install Ozeki NG ke laptop gw dulu.

Buat pemula n mw belajar sms gateway gw sharing deh tahapan2 instalasi Ozeki NG. Tapi dsini gw pake yg trial version, soalnya tugasnya juga gak nyampe puluhan hari.

Pertama, file OzekiNG-SMS-Gateway_31420.rar diekstrak dulu. Trus install dimulai dengan klik setup.exe. Naaaah trus bakal muncul tampilan seperti di bawah ini


Langsung aja klik next. Lanjut ke tampilan di bawah ini.


Klik I Agree trus next lagi.


Ozeki NG dsini diinstall ke C:\Program Files\Ozeki\OzekiNG - SMS Gateway\ . Klo mw dilokasi lain, bs klik browse dan pilih lokasi tersebut. Trus next.


tunggu hingga instalation selesai. Trus klik next. Bagian pojok kanan bawah windows akan ada icon untuk OzekiNG service monitor seperti di bawah ini yang menandakan bahwa instalasi anda telah sukses. ^_^


Untuk membuka hasil instalasi atau membuka aplikasi OzekiNG, pada desktop anda akan ada icon OzekiNG seperti dibawah ini.


Double klik, melalui browser aplikasi ini terbuka, pada laptop gw alamatnya http://127.0.0.1:9501/. Username : admin dan Password : abc123 merupakan default admin pada OzekiNG.


Naaah begitulah kira2 instalasi OzekiNG, untuk selanjutnya akan dibahas untuk koneksi in si OzekiNG sama modem. Semoga sharing gw ini berguna bwt yang lagi mw belajar OzekiNG.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...